Kamis, 07 Februari 2019

Wisata Religi Islam Yang Wajib Dikunjungi Di Tuban


Tuban, salah satu kabupaten di provinsi Jawa Timur, salah satu tempat Sunan Bonang Bedakwah. Dan salah satu wilayah bawahan Majapahit yang kemudian Bupatinya memeluk agama Islam. Di Tuban berdiri sebuah masjid megah yang seringkali disebut sebagai masjid dengan keindahan layaknya bangunan dalam dongeng 1001 malam, masjid tersebut adalah Masjid Agung Tuban.

Hasil gambar untuk arsitektur bagian dalam masjid jami tuban

Berdiri megah di sisi barat alun alun Tuban, masjid ini telah menjadi Ikon kebanggaan warga Tuban. Lokasinya berdiri tidak saja berada di pusat kota tapi juga bersebelahan dengan salah satu situs penting sejarah tanah Jawa, yakni Kompek Makam Sunan Bonang yang ramai di ziarahi oleh berbagai lapisan masyarakat dari berbagai tempat.

Aristektur masjid ini memadukan ragam budaya dari berbagai negara seperti Arab, Turki, dan India. Secara umum bangunan masjid ini terdiri dari bangunan utama masjid yang diapit oleh empat menara di masing masing empat penjuru masjid, dua bangunan serambi di sisi depan bagian kiri dan kanan serta ditambah dua menara yang lebih tinggi dari empat menara lainnya.

Penggunaan aneka warna terang sangat kuat menonjolkan bangunan masjid ini ditengah tengah kota Tuban. Kubah utama diapit dua kubah lainnya diantara enam menaranya yang menjulang seakan akan menghadirkan suasana negeri dongeng dalam kehidupan nyata di kota Tuban.

Ruang utama berdenah bujur sangkar berukuran 36 x 30 x 5 m.Di kiri-kanan pintu masuk terdapat enam buah tiang beton berhiaskan relief bunga-bunga. Pada bagian depan masjid sebelah kanan dan kiri terdapat dua buah bangunan kubah tempat berwudhu. Di bagian sebelah kanan masjid ini dulunya terdapat bangunan Sekolah Dasar Islam. Ada kenangan yang berkesan tentang bangunan masjid Jami yang lama ini pada era tahun 1980-an dan tahun sebelumnya.

Pada bagian dalam masjid kita kan melihat karpet yang menjadikan ruangan terlihat luas dan semakin mempercantik ruangan. Ketika kita memijakkan kaki pada karpet terasa halus dan tebal, menjadikan para jamaah yang hendak melaksanakan ibadah  akan lebih khusyuk.

Anda mengininkan karpet masjid seperti deskripsi diatas?Aladdin Karpet solusinya. Aladdin karpet merupakan pusat penyedia karpet masjid terlengkap, ada beragam varian tipe, ukuran, motif, dan warna yang menarik.

Jika anda berminat mengenai produk kami atau ingin mengetahuinya lebih lanjut, anda bisa mengunjungi laman website kami di www.aladdin.com

Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar